Cara Mengatasi Charger HP Nyetrum Dengan TEPAT & Penyebab

Posted on
Cara Mengatasi Charger HP Nyetrum dan Penyebab Kenapa Hal Tersebut Terjadi
Cara Mengatasi Charger HP Nyetrum dan Penyebab Kenapa Hal Tersebut Terjadi

Umumnya, ketika kita mengisi daya sebuah HP, tidak akan ada arus listrik yang keluar dari charger kecuali jika ada masalah tertentu.

Charger HP yang menyebabkan listrik keluar, atau biasa disebut “nyetrum”, merupakan masalah yang jarang terjadi namun cukup serius. Charger HP adalah aksesori penting untuk mengisi daya perangkat seluler kita.

Jika mengalami masalah nyetrum, penting untuk mengatasinya dengan segera untuk menghindari risiko kebakaran atau kerusakan pada perangkat.

Masalah charger HP yang menyebabkan nyetrum bisa sangat mengganggu dan bahkan berisiko. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mengatasinya.

Penyebab Charger HP Nyetrum

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai penyebab charger HP nyetrum dan memberikan tips praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan charger HP nyetrum termasuk:

Listrik Statis

Listrik statis bisa menjadi penyebab charger HP nyetrum. Ini bisa terjadi karena akumulasi listrik statis pada tubuh atau pada charger itu sendiri, yang menyebabkan sensasi nyetrum saat menyentuhnya.

Listrik statis muncul akibat gesekan dengan bahan tertentu atau dalam lingkungan yang kering.

Grounding

Grounding yang buruk pada colokan atau soket listrik dapat meningkatkan risiko charger HP menyengat.

Grounding yang tidak baik mengakibatkan arus listrik tidak tersalurkan dengan baik, sehingga meningkatkan potensi nyetrum saat menggunakan charger HP.

Charger KW

Penggunaan charger HP KW atau tidak berkualitas dapat menyebabkan masalah listrik yang tidak aman dan menyebabkan sensasi menyengat.

Temukan metode yang efisien untuk berbagi password WiFi yang sudah terhubung di HP Oppo dengan membaca artikel “Cara Berbagi Password WiFi Yang Sudah Terhubung di HP Oppo“.

Charger HP yang tidak memenuhi standar keselamatan cenderung memiliki komponen internal yang buruk atau tidak dilindungi dengan baik, yang meningkatkan risiko nyetrum saat digunakan.

Cara Mengatasi Charger HP Nyetrum

Bagi Anda yang mengalami masalah charger HP yang nyetrum saat digunakan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Penyebab dan Mengatasi Charger Smartphone Nyetrum
Penyebab dan Mengatasi Charger Smartphone Nyetrum

Sumber Listrik Aman

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi charger HP yang nyetrum adalah memastikan bahwa sumber listrik yang digunakan aman dan terhubung dengan sistem grounding yang baik.

Gunakan colokan yang memiliki grounding yang baik dan pastikan terhubung dengan baik pada soket listrik.

Selain itu, periksa kondisi instalasi listrik di rumah atau kantor Anda untuk memastikan sistem grounding berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah yang dapat meningkatkan risiko nyetrum.

Charger Berkualitas

Pilihan charger HP yang tepat sangat penting untuk menjaga keselamatan saat pengisian daya. Pastikan untuk membeli charger HP dari produsen resmi atau toko yang terpercaya, dan hindari charger HP murah dengan kualitas yang meragukan.

Periksa label keamanan pada charger HP untuk memastikan memiliki sertifikasi dan standar keselamatan yang sesuai, serta pilih charger HP yang dilengkapi dengan perlindungan terhadap listrik statis dan risiko kelistrikan lainnya.

Jika mengalami masalah nyetrum, coba gunakan charger yang lain untuk memastikan apakah charger sebelumnya yang bermasalah atau tidak.

Namun, perlu diingat bahwa kemungkinan masalah juga bisa berasal dari listrik di rumah atau tempat pengisian yang bermasalah, meskipun ini jarang terjadi dan umumnya disebabkan oleh charger yang tidak berkualitas.

Perawatan

Untuk mengatasi charger HP yang nyetrum, penting untuk melakukan perawatan yang baik dan menggunakan charger dengan benar.

Bersihkan charger HP secara rutin untuk mencegah kotoran dan debu yang bisa menyebabkan nyetrum, gunakan kain lembut atau kapas yang sedikit lembab untuk membersihkannya.

Selain itu, hindari penggunaan charger HP dalam kondisi basah atau di tempat yang lembab, karena hal ini dapat meningkatkan risiko nyetrum dan kerusakan pada perangkat.

Stopkontak

Untuk mengatasi charger HP yang nyetrum, Anda dapat mencoba mengganti stopkontak yang digunakan dengan yang lebih baik.

Beberapa pengguna mengalami masalah seperti ini karena stopkontak yang rusak atau konslet, yang menyebabkan nyetrum pada charger. Dengan mengganti stopkontak yang rusak, Anda dapat mengurangi risiko nyetrum saat menggunakan charger HP.

Kepala Charger

Selain stopkontak, Anda juga bisa mencoba mengganti kepala charger yang digunakan karena kebanyakan masalah nyetrum terjadi karena kepala charger bermasalah.

Jika setelah mengganti kepala charger masalahnya berhasil teratasi dan tidak ada nyetrum lagi, maka kemungkinan besar masalahnya memang terletak pada kepala charger tersebut.

Dalam hal ini, disarankan untuk menggantinya dengan kepala charger yang baru agar masalah tersebut tidak terulang.

Itu beberapa poin penjelasan kami tentang cara mengatasi charger HP yang nyetrum serta faktor-faktor penyebabnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat menggunakan charger HP.