Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Posted on
Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan
Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Masalah layar yang hang dan tidak responsif membuat penggunaan HP menjadi terhenti, bahkan sulit untuk mematikannya.

Ini biasanya terjadi ketika tombol power berfungsi untuk mematikan HP, tetapi layarnya tetap tidak responsif, sehingga Anda tidak dapat mengakses menu daya atau mematikan HP.

Jika layar HP Anda tidak bisa disentuh dan dimatikan, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut di semua tipe HP.

Masalah layar sentuh yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah penggunaan hingga masalah pada layar itu sendiri.

Jika masalahnya hanya terjadi karena layar mengalami hang, mematikan hp biasanya dapat memperbaikinya.

Namun, jika masalahnya terletak pada komponen layar yang rusak, mematikan hp tidak akan efektif karena masalahnya lebih pada komponen fisiknya yang perlu diganti.

Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Jika Anda mengalami masalah layar HP yang tidak bisa disentuh dan tidak bisa dimatikan, beberapa tips yang dapat dilakukan. Penasaran? Langsung simak yang dibawah ini.

Baterai Ponsel

Jika layar handphone tidak bisa disentuh dan tidak bisa dimatikan, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mencoba mencabut baterai atau melepaskannya. Terutama untuk ponsel dengan tipe yang baterainya bisa dilepas.

Setelah itu, pasang kembali baterai dan nyalakan HP seperti biasa. Namun, cara ini hanya berlaku untuk ponsel dengan baterai yang dapat dilepas. Sedangkan untuk ponsel dengan tipe baterai tanam, cara ini tidak dapat dilakukan.

Kombinasi Tombol

Untuk mengatasi layar ponsel yang tidak bisa disentuh dan dimatikan, Anda bisa mencoba menggunakan kombinasi tombol power dan volume bawah.

Tekan dan tahan kedua tombol tersebut hingga HP merestart atau mati, lalu lepaskan tombol saat proses restart berlangsung.

Pakai Kombinasi Tombol untuk Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan
Pakai Kombinasi Tombol untuk Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua tipe HP mendukung metode ini; beberapa HP mungkin menggunakan kombinasi tombol power dan volume atas.

Sebagai contoh, HP Realme dan Oppo dapat menggunakan kombinasi tombol power dan volume atas untuk mengatasi masalah ini.

Laptop atau PC

Salah satu cara alternatif untuk mengatasi layar ponsel yang tidak bisa disentuh dan dimatikan adalah dengan memanfaatkan laptop atau PC yang ada di rumah.

Anda dapat menggunakan kabel charger HP untuk menghubungkan HP dengan laptop atau PC melalui port USB.

Setelah terhubung, biarkan HP mengisi daya selama beberapa saat sekitar 1 menit, lalu tekan dan tahan tombol power dan volume atas secara bersamaan hingga HP mati atau merestart.

Jika setelah proses ini HP masih belum dapat digunakan, kemungkinan besar masalahnya adalah pada layarnya yang rusak.

Baterai Habis

Jika semua solusi sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat menunggu sampai baterai HP habis. Setelah baterai habis, HP akan mati dengan sendirinya, dan Anda tidak perlu melakukan tindakan apa pun.

Meskipun cara ini memakan waktu, terutama jika baterai masih cukup penuh, namun jika baterai hampir habis, prosesnya akan lebih cepat.

Setelah HP mati, Anda dapat mengisi daya, tunggu beberapa saat, lalu nyalakan HP Anda kembali. Metode ini dapat diterapkan untuk berbagai merek HP, seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Realme, Vivo, dan sebagainya.

Itulah penjelasan tentang berbagai cara mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh dan dimatikan.

Jika setelah mencoba semua metode namun masalahnya tetap berlanjut, kemungkinan besar layar HP Anda mengalami kerusakan dan perlu diganti di lokasi service.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda untuk mengatasi masalah layar HP Anda.